Subscribe Us

header ads

Teknologi Memudahkan Pramuka


Saat ini masyarakat Indonesia telah mengenal teknologi. Penggunaanya pun beragam sehingga menguntungkan bagi banyak kalangan masyarakat. Seiring dengan perkembangan teknologi, Pramuka pun ikut berkembang. Walau banyak kegiatannya dilakukan secara outdoor, teknologi juga banyak membantu kegiataan kepramukaan.

Sejak dulu, Pramuka memang telah mengenal teknologi. Yang paling sederhana, adalah penggunaan kompas, telegram, hingga radio komunikasi. Saat ini, Pramuka diseluruh belahan dunia, makin mudah terhubung berkat teknologi bernama internet. Induk kepramukaan antar negara pun lebih mudah melakukan komunikasi.

 

Bahkan, salah satu aktivitas Pramuka yakni Jambore juga melibatkan teknologi sehingga tercetuslah Jamboree On The Air (JOTA). Penggunaan internet yang meningkat, membuat organisasi kepramukaan menciptakan Jamboree On The Internet.

 

JOTA merupakan Jambore yang memanfaatkan radio komunikasi atau menggunakan frekuensi amatir. Dengan bergabung menjadi anggota Pramuka, ia dapat turut serta dalam kegiatan komunikasi radio ala Pramuka yang telah mendunia.

 

Kegiatan ini telah di laksanakan hampir setengah abad oleh organisasi Pramuka Dunia atau WOSM (World Organization Scout Movement) dan juga dilaksanakan lebih dari setengah abad di Indonesia oleh Kwartir Nasinal Gerakan Pramuka bekerja sama dengan Organisasi Radio Amatir Indonesia (ORARI). Sehingga diharapkan kedepannya generasi penerus bangsa bisa berkarya dan memajukan negara Indonesia tercinta ini.

 

Sementara, JOTI lebih memanfaatkan beberapa program komputer yang berkaitan dengan komunikasi via internet. Meski via internet, ikut serta JOTI bukan hal yang sulit. Hanya memerlukan browser atau peramban seperti Firefox, Chrome atau Internet Explorer serta aplikasi chatting seperti mIRC. ”Pramuka harus up to date atau mengikuti perkembangan zaman,” ujar Ketua Kwarnas, Adyaksa Dault.

 

Kak Adyaksa mengungkapkan, kepekaan akan teknologi itu salah satu bentuknya bisa memanfaatkan Global Positioning System (GPS) ketika sedang outbond atau penjelajahan di hutan.

 

Jika dulu hanya dengan media anak-anak panah, sekarang bisa menggunakan GPS,” imbuhnya.

Di Indonesia, keinginan untuk memajukan Pramuka bersama dengan teknologi diwujudkan dengan hadirnya Satuan Karya Pramuka (Saka) Telematika. Satuan Karya ini, dirintis oleh Kwarda Jabar bekerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia sejak tahun 2011 lalu.

 

Selain Saka Telematika, Gerakan Pramuka juga punya Saka yang berkaitan dengan Informasi dan Teknologi. Saka tersebut adalah Saka Kominfo bagi Pramuka Penggalang. Saka Kominfo bertujuan membina dan mengembangkan anggota Gerakan Pramuka agar memiliki tambahan kecakapan di bidang Komunikasi dan Informatika, yang dapat menjurus kepada kariernya di masa mendatang.

 

Saka Kominfo dikembangkan oleh Kwarcab-Kwarcab di Kwarda Jawa Barat yang terdiri atas beberapa krida yakni Krida teknologi informasi, Krida Broadcasting/penyiaran, dan Krida Media Masa.

 

Teknologi yang dipelajari di Pramuka, tak hanya teknologi dari terkini. Pramuka juga mengajarkan anggotanya menciptakan karya sederhana atau Teknologi Tepat Guna (TTG). Banyak karya sederhana yang telah diciptakan anggota Pramuka dari TTG diantaranya alat pembasmi nyamuk dari botol, sepeda alat penyapu sampah, charger tenaga surya, dan lain-lain. (has)

 

Posting Komentar

0 Komentar