Subscribe Us

header ads

Rakor DKR-DA Kwartir Ranting Kasomalang Sukses di Gelar !

 


Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Kasomalang terus mematangkan persiapan Dianpinsa Ranting yang akan segera digelar. Sebagai langkah awal, Technical Meeting Dianpinsa Ranting sukses dilaksanakan pada sabtu, 12 oktober 2024 di Gedung Sawala PGRI Kasomalang.

Acara ini dihadiri oleh 26 peserta yang terdiri dari Dewan Ambalan dan Dewan Kerja Ranting.

Technical Meeting ini bertujuan untuk memaparkan informasi mengenai kegiatan Dianpinsa Ranting Kasomalang, termasuk memastikan persiapan teknis, kordinasi peserta dan panitia, pembagian tugas , simulasi kegiatan, penyamaan persepsi, dan mengindentifikasi kendala agar kegiatan Dianpinsa berjalan lancar.

Acara dibuka oleh Kak. Maksudin, S.Pd.I, Wakabina Muda Kwartir Ranting Kasomalang. Dalam sambutannya , Kak Maksudin menyampaikan "Bahwa kegiatan kepramukaan di golongan penegak sangat banyak , karna di tingkatan ini kita bisa berperan penting secara langsung berkecipung di kemasyarakatan, ditingkat golongan penegak ini bukan hanya kegiatan sehari-hari latihan pramuka di pangkalan saja misalnya ;

 Kegiatan-Kegiatan Pramuka Penegak

1. Gladian Pimpinan Sangga.

Gladian Pimpinan Satuan atau dikenal dengan DIANPINSA, adalah sebuah kegiatan untuk melatih jiwa diri Pimpinan Sangga (Pinsa) dan Wakil Pimpinan Sangga (Wapinsa).

2. Pelantikan Penegak Bantara dan Laksana.

3. Perkemahan Bhakti.

Diluar itu di tingkatan penegak kakak-kakak sekalian bisa mengembangkan minat dan bakat sesuai  kemampuan, salah satunya bisa ikut kegiatan di kesakaan. Jadi di usia penegak kaka-kakak bisa jadi anggota pramuka penegak sekaligus menjadi anggota saka. Sakanya sesuai yang ada di wilayah kita , kalaupun ada saka yang tidak sesuai minat dan bakat kita , kita bisa bergabung saka di tingkat cabang,

Kemudian selain saka juga ,kita bisa mengikuti kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kemasyarakatan. Sementara untuk golongan siaga dan penggalang hal semacam ini belum ada. Untuk itu mumpung kakak-kakak sekalian berada ditingkatan ini coba kita kembangkan minat dan bakat diri kita yang berhubungan dengan gerakan pramuka. Ingat pesan saya yang disampaikan kemarin dikegiatan sosialisasi Scouting skill untuk para pembina penggalang "ini Gerakan Pramuka , kalau anda orang yang mengatakan bahwa pramuka begitu begitu saja dari dulu sampai sekarang , saya pastikan orang tersebut tidak pernah aktif mengikuti kegiatan di gerakan pramuka atau tidak pernah hadir di kegiatan Pramuka. Sudah jelas  dari awal atau dari judulnya saja, namanya saja Gerakan Pramuka, Yang namanya bergerak itu tidak diam.

Berarti ada perubahan disetiap saat, baik dari sisi kegiatan ataupun dari materi, dan salah satu contoh payung hukum Gerakan Pramuka, yang dulu Keputusan Presiden (KEPRES), hari ini di tahun 2010 sudah diresmikan menjadi Undang-Undang Gerakan Pramuka. Jadi Nama Organisasi Gerakan Pramuka sudah resmi di lindungi undang-undang. Dan merupakan tugas pokok gerakan pramuka adalah pembentukan karakter. 

Terakhir kakak ucapkan Selamat mengikuti rapat kordinasi ini dengan sebaik-baiknya mudah mudahan kegiatan kita senantiasa ada dalam lindungan serta ridho  Allah SWT". Aamiin Yaa Robbal Aalamiin.



Posting Komentar

0 Komentar